logo blog

Tanda Tanya Pengembangan Blankon Linux

Tanda Tanya Pengembangan Blankon Linux

blankon linux

BankOn Linux adalah sebuah distro Linux yang dikhususkan untuk pengguna Indonesia. Pertama kali dirilis pada 10 Februari 2005 dengan kode Bianglala. Hingga sekarang BlankOn yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) telah rilis versi 9.1 yang masih dalam versi beta dengan kode Tambora.

Versi beta ini dirilis pada 20 Mei 2015, artinya telah lebih dari 1 tahun versi ini masih tetap dalam versi beta. Kapankah BlankOn versi stabilnya akan dirilis? Dan bagaimana dengan pengguna BlankOn di pasaran?

Di Indonesia sendiri, pengguna Linux masih terbilang sedikit walau telah terbentuk komunitas-komunitas yang tersebar di beberapa kota. Dan sama seperti statistik pengguna distro Linux di dunia, Linux Mint dan Ubuntu adalah yang paling dominan. Sedangkan distro buatan dalam negeri seperti BlankOn masih dipandang sebelah mata.

Sebenarnya ada beberapa distro Linux yang dikembangkan oleh anak bangsa. Namun masih kesulitan bersaing dengan distro-distro buatan luar negeri.

Dilihat dari perkembangan BlankOn yang sepertinya mati segan, hidup tak mau, menjadi mungkin bahwa BlankOn akan senasib dengan Garuda OS yang telah lama tak terdengar kabarnya.

Mungkin untuk menyelamatkan pengembangan distro Linux di Indonesia, akan lebih baik para pengembang distro Linux di Indonesia bisa bersatu untuk mengembangkan distro Linux yang dapat digunakan untuk server, komputer pribadi, perkantoran dan juga pendidikan. Sudah selayaknya para pengembang dan para pengguna Linux di Indonesia mengembangkan sebuah distro yang mudah digunakan dengan tampilan keren sehingga itu tidak menjadi alasan lagi untuk menolak memakai Linux.

sumber foto: blankonlinux.or.id

Share this:

Tidak ada komentar