logo blog

Kutilang, Burung Teritorial

Kutilang, Burung Teritorial

Burung kutilang adalah jenis burung merbah dengan ciri-ciri, warna hitam di bagian punggung dan sayap, sedangkan bagian perut dan leher berwarna putih, terdapat sedikit garis merah di atas mata, memiliki jambul dan ukurannya termasuk sedang.

Dulu, di kampungku burung ini tidak pernah terlihat karena memang bukan wilayah penyebarannya. Yang mana burung ini hanya tersebar sebatas Pulau Jawa dan semenanjung Malaysia. Namun, sekarang burung ini sering terlihat terbang secara berpasangan atau berkelompok kira-kira 4 hingga 6 ekor. Dan suaranya menjadi sering terdengar. Kemungkinan besar, menurut asumsiku, burung ini sengaja dilepaskan oleh penyuka burung Kutilang sekitar 5 tahun lalu.

Burung ini sepertinya termasuk burung teritorial yang mengusir burung-burung yang dianggapnya sebagai penganggu dari wilayahnya. Seperti burung Merbah Biasa yang berwarna coklat dan burung Kacer atau Murai Batu.

Sekarang, suara kicauan burung Merbah Biasa dan burung Kacer sudah jarang terdengar. Hanya kalau kita pergi ke tepi hutan dan jurang maka kedua jenis burung ini terlihat. Namun, itupun sudah semakin sulit karena penyebaran dan perkembangan populasi burung Kutilang yang cukup cepat.

Inilah salah satu dampak buruk dari introduksi burung atau tumbuhan tertentu. Dimana ia dimasukkan ke dalam yang bukan habitatnya.  Maka ia akan mengusir spesies endemik daerah tersebut dan menguasainya. Bahkan bisa akan mengakibatkan terancam punahnya spesies tertentu.

Oleh sebab itu, bila melakukan introduksi maka seharusnya dampaknya diteliti terlebih dahulu.

Share this:

Tidak ada komentar