logo blog

Hutang Budi Sianipar Kepada Silitonga

Hutang Budi Sianipar Kepada Silitonga

silsilah batak

Balige merupakan bona pasogit untuk marga-marga keturunan Si Bagot Ni Pohan yang salah satunya adalah marga-marga Tuan Dibangarna, yaitu Panjaitan, Silitonga, Siagian dan Sianipar. Namun bila kita memperhatikan, hanya Panjaitan, Siagian dan Sianipar yang memiliki tanah dan perkampungan di daerah Balige. Kemana Silitonga? Apakah dahulu kala, Silitonga tidak mendapatkan bagian warisan dari ayahnya Tuan Dibangarna?

Mari kita ikuti cerita berikut yang diceritakan secara lisan dan menjadi sebuah legenda bagi marga Sianipar dan marga Silitonga.

Dahulu kala, Tuan Dibangarna memiliki 3 orang anak, Panjaitan, Silitonga dan Siagian. Nama Silitonga berarti anak tengah sedangkan Siagian mempunyai makna Sianggian (anak bungsu).

Setelah ketiga anaknya ini tumbuh besar maka sebagai tradisi, Tuan Dibangarna membagi-bagikan tanah warisan kepada mereka. Ketiga anaknya ini mendapatkan bagian masing-masing sesuai dengan ketentuan adat.

Setelah beberapa lama kemudian, Tuan Dibangarna memiliki anak lagi di masa tuanya dan diberi nama Sianipar. Sehingga Tuan Dibangarna memiliki 4 orang anak, Panjaitan, Silitonga, Siagian dan Sianipar.
Sianipar tumbuh dan semakin besar hingga pada suatu saat dia menginginkan tanah warisan dari orang tuanya sama seperti abang-abangnya. Maka dia pergi menghadap ayahnya Tuan Dibangarna.

"Among, ua lehon ma di ahu ulos na so ra buruk songon panjaean di ahu", kata Sianipar meminta tanah warisan.
"Dang adong be hasian, ai nunga hulehon sudena tu angka haham uju so tubu dope ho", jawab Tuan Dibangarna.

Mendengar bahwa tanah warisan tidak ada lagi untuknya dan telah diberikan semuanya untuk abang-abangnya membuat hatinya sedih.
"Songonon ma i, jalo ma tu angka haham. Atik lehonon na di ho sian parbagianan na i", lanjut Tuan Dibangarna mengusulkan agar Sianipar meminta bagian dari tanah warisan abang-abangnya.

Kemudian Sianipar pergi menghadap Panjaitan untuk meminta bagian dari tanah warisan miliknya.
"Ua lehon ma di ahu ulos na so ra buruk songon panjaean sian bagian ni da hahang".
"Dang adong", jawab Panjaitan.
Mendengar itu, makin sedihlah hati Sianipar. Kemudian dia pergi menghadap Siangian dan meminta seperti sebelumnya.

"Ua lehon ma di ahu ulos na so ra buruk songon panjaean sian bagian ni da hahang".
"Dang adong", jawab Siagian.

Mendengar itu, makin sedihlah hati Sianipar. Apakah abang-abangnya sebegitu tega tidak mau memberikan sebagian tanah warisan untuknya. Kemudian dia pergi menghadap Silitonga dan merasa inilah harapan terakhirnya.

Ketika itu Silitonga duduk di depan rumahnya dan melihat Sianipar berjalan ke arahnya dengan wajah sedih.
"Aha na masa, Anggia? Boasa songon na marsak bohimu? ", tanya Silitonga penasaran.

Kemudian Sianipar menceritakan yang dialaminya, "Laho ma ahu tu damang jala hudok ma, 'ua lehon ma di ahu ulos na so ra buruk songon panjaean di ahu'. Alai ninna damang ma mangalusi, 'Dang adong be hasian, ai nunga hulehon sudena tu angka haham uju so tubu dope ho'. Laho ma ahu muse tu da hahang na dua jala hudok ma, 'Ua lehon ma di ahu ulos na so ra buruk songon panjaean sian bagian ni da hahang'. Alai dialusi ma, 'Dang adong'. Jadi marsak jala lungun ma rohanghu".

"Unang pola marsak rohamu da anggia", sahut Silitonga, "Hulehon ma di ho sude bagianki di ho asa adong panjaeanmu".
"Ua molo sude dilehon da hahang di ahu, ai ahama na gabe bagian ni da hahang? ".
"Unang marsak rohamu da anggia, hulului pe na di ahu", jawab Silitonga.

Jadi mulai saat itu, tanah warisan yang menjadi bagian Silitonga diberikan semuanya kepada Sianipar. Kemudia Silitonga mencari tanah untuknya. Maka Silitonga mengajak dari marga Simanjuntak dan pergi ke daerah Sipahutar dan menetap disana.

Itulah sebabnya tidak ada tanah warisan Silitonga di daerah Balige karena semuanya telah diberikan kepada Sianipar. Dan sejak itu, Sianipar merasa berhutang budi kepada Silitonga dan selalu lebih menghormati dan lebih dapat akrab dengan marga Silitonga daripada kedua abangnya Panjaitan dan Siagian.

Share this:

Tidak ada komentar