logo blog

Selamat Ulang Tahun ke 32, Tetris

Selamat Ulang Tahun ke 32, Tetris

tetris game populer

Orang-orang yang lahir dan besar mulai tahun 1980 pasti mengenal permainan yang satu ini. Permainan yang diciptakan oleh seorang game designer berkebangsaan Rusia bernama Alexei Pajitnov, permainan ini dirilis pada 6 Juni 1984, tepat 32 tahun silam.

Kata Tetris berasal dari bahasa Yunani, tetra, sebuah awalan untuk menunjukkan bilangan 4, dan tennis, olahraga yang menjadi favorit Alexei Pajitnov.

Apa yang membuat permainan begitu populer?

Sederhana dan Mudah Dimainkan

Ya, permainan ini sederhana dan mudah dimainkan, bahkan oleh anak-anak yang masih kecil. Tidak perlu penjelasan yang ribet, dengan hanya melihat sebentar saja, seorang anak sudah langsung paham cara bermainnya.

Hanya menyusun setiap tetrominoes sehingga tidak terdapat celah satupun. Yang pada akhirnya bila dalam satu baris horizontal berisi dengan tetrominoes tanpa menyisakan celah maka satu baris tersebut akan hilang dan bangunan di atasnya akan jatuh.

Ditambah lagi tantangan yang dimiliki hanya bertambah cepatnya setiap tetrominoes jatuh seiring bertambahnya level permainan.

Munculnya Game Boy

Tetris menjadi salah satu game yang dapat ditemukan pada hampir semua perangkat digital. Mulai dari komputer pribadi, konsol game, PDA, ponsel bahkan terdapat pada osiloskop.

Namun, Tetris menjadi sangat populer karena munculnya Game Boy sebagai perangkat game tangan pada tahun 1989. Salah satu permainan yang disukai oleh anak-anak pemilik Game Boy adalah Tetris.

Semenjak dirilis pertama kali di tahun 1984, Tetris sudah menghasilkan beberapa varian. Dan yang paling populer adalah versi berwarna. Setiap tetromineos diwarnai dengan warna yang berbeda-beda.
Munculnya perangkat smartphone dan semakin maraknya permainan-permainan terbaru akhirnya menggeser kepopuleran permainan ini. Tahu Bulat, Clash of Clans, Counter Strike, Angry Bird dan masih banyak permainan lainnya menjadi permainan yang paling banyak dicari orang.

Apakah akhirnya Tetris akan hilang dari ingatan orang-orang pada jaman mendatang? Bisa jadi, namun aku hanya ingin mengucapkan, 

"Terima kasih untuk hari-hari yang menyenangkan dan selamat ulang tahun yang ke 32 tahun".

sumber foto: geek.com

Share this:

Tidak ada komentar