logo blog

Karl Landsteiner, Google Doodle dan Golongan Darah

Karl Landsteiner, Google Doodle dan Golongan Darah

karl landsteiner google doodle

Hari ini Google memasang Karl Landsteiner pada Google Doodle untuk memperingati ulang tahunnya yang ke 132. Tepatnya dia lahir pada 14 Juni 1868. Jadi siapa sebenarnya Karl Lansteiner? Google pasti punya alasan untuk memasangnya pada Google Doodle? 

Pada Google Doodle, huruf "o" pada kata Google digambarkan sebagai sebuah bulatan yang ukuran huruf "0" pertama dan kedua berbeda. Kemudian di depan huruf "o" yang pertama berdiri seseorang yang memakai pakaian laboratorium. Dan di depan huruf "o" satu lagi terdapat sebuah meja yang di atasnya terdapat mikroskop dan 4 tabung yang berisi darah.

Dialah Karl Landsteiner, seorang ilmuwan Biologi dan Fisika, yang sangat berjasa dalam berbagai penemuan. Salah satunya adalah pengelompokan golongan darah berdasarkan aglutinin yang terdapat pada darah. Karl Landsteiner menggolongkan darah menjadi 3 golongan, yaitu A, B dan O. Sedangkan golongan darah AB belakangan diketahui dan ditemukan oleh Jan Jansky.

Kita patut berterima kasih atas penemuan ini, sebab dengan penemuan golongan darah ini kita dapat lebih mudah dan aman melakukan transfusi darah. Sehingga darah tak ditransfusikan secara sembarangan yang pada akhirnya bisa berakibat fatal. Sebelum penemuan ini, transfusi darah dilakukan dengan sembarangan.

sumber foto: youtube.com

Share this:

Tidak ada komentar