logo blog

Indonesia Yang Unik

Indonesia Yang Unik

Indonesia itu unik. Semua orang pasti tahu bahwa Indonesia itu dihuni oleh beragam suku yang memiliki budaya, adat kebiasaan dan bahasa. Selain itu Indonesia memiliki agama yang beragam. Mulai dari Budha, Hindu, Islam, Kristen, Konghuchu dan aliran-aliran kepercayaan yang masih dijaga oleh beberapa anggota suku. Inilah keragaman Indonesia yang begitu kaya. Yang patut dijaga dan dilestarikan.

Tapi kali ini, aku bukan ingin membahas itu seperti karya ilmiah saja. Yang ingin aku tekankan adalah menarik sekali bahwa budaya yang beragam itu menghasilkan karya sastra yang beragam juga.
Tidak dapat dipungkiri, latar belakang seorang penulis akan mempengaruhi hasil tulisannya. Sebagai contoh, Andrea Hirata yang berasal dari Belitung menghasilkan karya-karya yang berlatar kampung halamannya. Contoh yang lain adalah penulis-penulis terkenal dari Inggris akan menghasilkan karya-karya imajinatif yang begitu tinggi seperti layaknya dongeng. Sebut saja karya Harry Potter yang dibuat seperti dongeng. Eh... kenapa sampai ke luar negeri? Bukankah kita sedang bicara keunikan Indonesia. Hehehe.... menyimpang sedikit.

Hal lain yang menarik adalah pemakaian kosa kata dan susunan kalimat. Penulis dari Jakarta akan memakai "loe - gue". Kata "loe - gue" tak berlaku di kota Medan. Di Medan lebih memakai kata "kau - aku". Beberapa penulis yang lain akan menggunakan kata Indonesia yang lebih baku "saya - kamu". Susunan kalimat juga akan berbeda. Sebagai contoh di Medan, yang sangat kental dengan pengaruh Bahasa Batak, tak jarang menggunakan susunan kata kerja lebih dahulu. Indonesia yang baku itu "S - P - O + K". Bahasa Batak sering sekali dimulai dengan kata kerja terlebih dahulu "P -  O - S + K".

"Nunga lao si uccok tu sikkola".
Bila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia menjadi "Telah pergi si uccok ke sekolah".
Padahal kalau Bahasa Indonesia yang baku "Si uccok telah pergi ke sekolah".

Memang tanpa disadari sering sekali kita berbahasa Indonesia langsung menerjemahkannya dari bahasa ibu (daerah). Sehingga gaya bahasanya menjadi berbeda dengan bahasa Indonesia yang baku. Orang-orang di Indonesia bagian tengah dan timur juga memiliki gaya bahasa yang unik yang dipengaruhi bahasa ibunya.

Indonesia itu unik, begitu juga karya-karya sastranya. Semuanya patut dilestarikan dan dijaga.

Share this:

Previous
This Is The Oldest Page

Tidak ada komentar